Syarat & Ketentuan




Syarat & Ketentuan Pembayaran

  1. Pembatasan Tanggung Jawab
    Mandiri Investasi tidak bertanggung jawab atas setiap kerugian baik langsung maupun tidak langsung, maupun terhadap kerugian pihak lainnya, yang timbul sebagai akibat dari setiap transaksi yang dilakukan oleh Nasabah melalui fasilitas Transaksi Online, kecuali Mandiri Investasi dinyatakan bersalah karena telah melakukan suatu tindakan yang mengakibatkan kerugian tersebut oleh suatu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap (in kracht van gewijsde). Dalam hal dinyatakan oleh suatu putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap bahwa Mandiri Investasi melakukan tindakan yang mengakibatkan kerugian terhadap Nasabah, Nasabah mengakui dan menyetujui bahwa pertanggungjawaban Mandiri Investasi yang harus dibayarkan terhadap Nasabah atas kerugian Nasabah tidak lebih dari Rp. 1.000.000,- (satu juta Rupiah).
     
  2. Penggunaan Fasilitas Transaksi Online
    Fasilitas Transaksi Online ini hanya dapat digunakan untuk kepentingan Nasabah saja dan Nasabah tidak akan menggunakan fasilitas Transaksi Online ini untuk melakukan aktivitas yang bertentangan dengan hukum termasuk namun tidak terbatas pada tindak pidana pencucian uang, pencurian, penggelapan, penipuan, maupun penyediaan dana untuk terorisme. Mandiri Investasi tidak bertanggung jawab atas setiap tujuan penggunaan fasilitas Transaksi Online
     
  3. Keamanan Fasilitas Transaksi Online Mandiri Investasi
    Fasilitas Pembayaran disediakan melalui website yang aman. Namun demikian, Nasabah mengetahui dan setuju bahwa transmisi atau akses internet tidak selamanya menciptakan suatu transaksi pembayaran yang aman dan pribadi, dan karenanya setiap pesan atau informasi yang Nasabah kirimkan atau gunakan dalam Transaksi Online mungkin untuk dibajak atau diambil oleh pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab.

Syarat & Ketentuan Untuk Penggunaan Web Online

  1. Penggunaan Fasilitas Transaksi Online
    Setiap transaksi yang dilakukan melalui fasilitas Transaksi Online Mandiri Investasi (“Transaksi Online”) tunduk pada syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang diatur di bawah ini. PT Mandiri Manajemen Investasi (“Mandiri Investasi”) dapat mengubah syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah.

  2. Informasi Nasabah
    Setiap informasi yang kami peroleh dari Nasabah melalui akses fasilitas Transaksi Online dari waktu ke waktu akan diperlakukan sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam Privacy Policy.

  3. User ID dan Password
    Dalam menggunakan fasilitas Transaksi Online, Nasabah akan diminta untuk mengisi User ID dan password untuk melakukan verifikasi terhadap identitas Nasabah. Mandiri Investasi menyarankan agar Nasabah tidak membuat password yang berkaitan dengan nama, kerabat, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon, nomor kartu tanda penduduk, maupun nomor paspor Nasabah. Lebih lanjut Mandiri Investasi menyarankan agar Nasabah menggunakan password yang dikombinasikan antara huruf dengan angka. Nasabah bertanggung jawab penuh untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan dari User ID dan password Nasabah, dan Mandiri Investasi tidak bertanggung jawab atas penggunaan User ID dan password Nasabah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab maupun atas kerugian yang timbul akibat penggunaan fasilitas Transaksi Online dengan menggunakan User ID dan password Nasabah.

  4. Pernyataan dan Jaminan
    Dalam menggunakan Transaksi Online, Nasabah menyatakan dan menjamin bahwa Nasabah sudah berusia lebih dari 21 (dua puluh satu) tahun dan mempunyai kepasitas hukum untuk membuat suatu perjanjian maupun untuk melaksanakan suatu transaksi dengan pihak lainnya tanpa suatu perwalian. Lebih lanjut dalam menggunakan User ID dan password Nasabah, Nasabah menyatakan bahwa Nasabah merupakan pihak yang berwenang untuk log in dengan User ID dan password dari account Nasabah.

  5. Ketepatan Informasi Transaksi
    Sebelum atau pada saat Nasabah menggunakan fasilitas Transaksi Online, Nasabah akan dihadapkan pada layar konfirmasi dimana Nasabah bertanggung jawab atas setiap data yang diisi pada saat menggunakan Transaksi Online termasuk namun tidak terbatas pada jumlah pembelian, pembelian kembali, maupun pengalihan Unit Penyertaan Reksa Dana yang dikehendaki Nasabah. Mandiri Investasi tidak bertanggung jawab atas setiap ketepatan data-data yang diisi oleh Nasabah pada saat menggunakan fasilitas Transaksi Online, maupun atas setiap kerugian yang timbul akibat pengisian data-data tersebut oleh Nasabah.

  6. Hak Mandiri Investasi Untuk Menunda, Menghentikan, atau Membatalkan Transaksi Nasabah
    Mandiri Investasi mempunyai kewenangan tanpa perlu memberikan suatu pemberitahuan terhadap Nasabah, untuk menunda, menghentikan, atau membatalkan transaksi Nasabah melalui fasilitas Transaksi Online apabila diketahui atau dianggap oleh Mandiri Investasi bahwa transaksi Nasabah akan digunakan untuk suatu tindak pidana, atau kekayaan Nasabah diperoleh karena suatu tindak pidana, maupun karena diperintahkan oleh otoritas yang berwenang.

  7. Perubahan Syarat-Syarat dan Ketentuan-Ketentuan
    Nasabah mengakui dan menyetujui bahwa syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terhadap Nasabah. Perubahan syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini mungkin berimplikasi terhadap penggunaan fasilitas Transaksi Online.

  8. Persetujuan Terhadap Syarat-Syarat dan Ketentuan-Ketentuan
    Dengan melaksanakan transaksi melalui fasilitas Transaksi Online, Nasabah menyetujui syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini dan juga ketentuan ketentuan lainnya yang terdapat dalam website Mandiri Investasi.

  9. Hukum Yang Berlaku
    Penggunaan fasilitas Transaksi Online serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan ini tunduk pada hukum Negara Republik Indonesia

  10. Dashboard
    1. Chart profil risiko nasabah sebagaimana tercantum dalam fasilitas transaksi online Mandiri Investasi hanyalah acuan untuk mengetahui jenis investasi yang sesuai dengan karakter investasi nasabah
    2. Chart profil risiko nasabah sebagaimana tercantum dalam fasilitas transaksi online Mandiri Investasi tidak dapat dijadikan acuan sebagai keberhasilan atau kepastian hasil investasi yang diharapkan oleh Nasabah.


  11. Kebijakan Pembelian
    Dengan melakukan pembelian (subscription) Unit Penyertaan Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini, Nasabah menyatakan bahwa Nasabah telah membaca dan mengerti isi dari Prospektus Reksa Dana yang bersangkutan termasuk namun tidak terbatas mengenai biaya-biaya yang ada termasuk biaya pengelolaan (management fee) serta risiko-risiko yang ada dengan melakukan investasi pada Reksa Dana sebagaimana tercantum dalam Prospektus Reksa Dana yang bersangkutan.

  12. Cut-Off Time
    Nasabah mengerti bahwa pembelian (subscription) Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh Nasabah melalui fasilitas transaksi online ini mempunyai cut off time untuk penggunaan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana yang berbeda dengan pelaksanaan pembelian (subscription) Unit Penyertaan secara langsung karena diperlukannya waktu dari sistem fasilitas transaksi online untuk melakukan pengolahan pesanan pembelian (subscription) Unit Penyertaan Reksa Dana. Adapun cut off time penggunaan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini adalah sebagai berikut:
    1. Pesanan pembelian (subscription) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online ini dapat dilakukan sejak Pukul 13.01 PM H+0, dimana pembelian pada Pukul 13.01 PM H-1 s/d Pukul 13.00 PM H+0 akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan dalam Koran harian di hari bursa dilakukannya pesanan tersebut.
    2. Pesanan pembelian (subscription) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online yang dilakukan setelah Pukul 13.00 PM atau Hari Libur Bursa akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa berikutnya.

    Nasabah mengerti bahwa PT Mandiri Manajemen Investasi dapat melakukan penolakan pesanan pembelian Unit Penyertaan Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online yang dilakukan Nasabah apabila Nasabah melakukan pembelian (subscription) Unit Penyertaan Reksa Dana sehingga Unit Penyertaan Reksa Dana yang dimilikinya melalui PT Mandiri Manajemen Investasi secara keseluruhan menjadi sebesar Rp. 100.000.000,- (seratus juta Rupiah) atau lebih dan/atau apabila Nasabah telah menjadi nasabah PT Mandiri Manajemen Investasi dalam waktu 1 (satu) tahun atau lebih namun belum pernah melakukan pertemuan langsung dengan PT Mandiri Manajemen Investasi dalam rangka penerapan prinsip mengenal nasabah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

  13. Kebijakan Penjualan Kembali
    Nasabah mengerti bahwa pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan Reksa Dana hanya dapat dilakukan dengan basis jumlah Unit Penyertaan yang hendak dibeli kembali. PT Mandiri Manajemen Investasi tidak dapat menerima pembelian kembali Unit Penyertaan Reksa Dana dengan basis nilai nominal.

    Estimasi hasil pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan Reksa Dana sebagaimana ditampilkan dalam fasilitas transaksi online ini adalah suatu perkiraan dimana realisasi dari pelaksanaan pembelian kembali (redemption) dapat berbeda sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang berlaku pada saat realisasi pembelian kembali (redemption).

    Nasabah mengerti bahwa pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh Nasabah melalui fasilitas transaksi online ini mempunyai cut off time untuk penggunaan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana yang berbeda dengan pelaksanaan pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan secara langsung karena diperlukannya waktu dari sistem fasilitas transaksi online untuk melakukan pengolahan pesanan pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan Reksa Dana. Adapun cut off time penggunaan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini adalah sebagai berikut:
    1. Pesanan pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online ini dapat dilakukan sejak Pukul 13.01 H+0, dimana pembelian kembali (redemption) pada Pukul 13.01 PM H-1 s/d Pukul 13.00 PM H+0 akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa dilakukannya pesanan tersebut.
    2. Pesanan pembelian kembali (redemption) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online yang dilakukan setelah Pukul 13.00 PM atau Hari Libur Bursa akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa berikutnya.


  14. Kebijakan Pengalihan
    Nasabah mengerti bahwa pengalihan (switching) dari satu Reksa Dana ke Reksa Dana lainnya hanya dapat dilakukan dengan basis jumlah Unit Penyertaan Reksa Dana yang hendak dialihkan dan hanya berlaku dari dan ke dalam Reksa Dana yang menyediakan fitur pengalihan (switching) tersebut sebagaimana diatur dalam masing-masing Prospektus Reksa Dana. PT Mandiri Manajemen Investasi tidak dapat menerima pengalihan Unit Penyertaan Reksa Dana dengan basis nilai nominal.

    Estimasi kepemilikan Unit Penyertaan dari hasil pengalihan (switching) dari satu Reksa Dana ke Reksa Dana lainnya sebagaimana ditampilkan dalam fasilitas transaksi online ini adalah suatu perkiraan dimana realisasi dari pelaksanaan pembelian kembali (redemption) dapat berbeda sesuai dengan Nilai Aktiva Bersih dari masing-masing Unit Penyertaan Reksa Dana yang berlaku pada saat realisasi pengalihan (switching).

    Dengan melakukan pengalihan (switching) Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini, Nasabah menyatakan bahwa Nasabah telah membaca dan mengerti isi dari Prospektus Reksa Dana yang bersangkutan termasuk namun tidak terbatas mengenai biaya-biaya yang ada termasuk biaya pengelolaan (management fee) serta risiko-risiko yang ada dengan melakukan investasi pada Reksa Dana sebagaimana tercantum dalam Prospektus Reksa Dana yang bersangkutan.

    Nasabah mengerti bahwa pengalihan (swicthing) Unit Penyertaan Reksa Dana yang dilakukan oleh Nasabah melalui fasilitas transaksi online ini mempunyai cut off time untuk penggunaan Nilai Aktiva Bersih (NAB) Reksa Dana yang berbeda dengan pelaksanaan pengalihan (switching) secara langsung karena diperlukannya waktu dari sistem fasilitas transaksi online untuk melakukan pengolahan pesanan pengalihan (swiching) Reksa Dana. Adapun cut off time penggunaan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana melalui fasilitas transaksi online ini adalah sebagai berikut:
    1. Pesanan pengalihan (switching) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online ini dapat dilakukan sejak Pukul 13.01 PM H+0, dimana pengalihan (switching) pada Pukul 13.01 PM H-1 s/d Pukul 13.00 PM H+0 akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa dilakukannya pesanan tersebut.
    2. Pesanan pengalihan (switching) Unit Penyertaan melalui fasilitas transaksi online yang dilakukan setelah Pukul 13.00 PM atau Hari Libur Bursa akan menggunakan NAB Unit Penyertaan Reksa Dana yang diumumkan di hari bursa berikutnya.


  15. Open Account
    PT Mandiri Manajemen Investasi tidak bertanggung jawab atas kebenaran data dan informasi yang diisi oleh Nasabah dalam rangka pembukaan rekening melalui fasilitas transaksi online ini, dan dengan menyampaikan (submit) data dan inforasi Nasabah dalam rangka pembukaan rekening melalui fasilitas transaksi online ini, Nasabah sepenuhnya menyadari dan mengakui akan bertanggung jawab sepenuhnya atas setiap kerugian maupun tuntutan yang timbul terhadap PT Mandiri Manajemen Investasi atas akibat ketidakbenaran data dan informasi yang Nasabah sampaikan kepada PT Mandiri Manajemen Investasi melalui fasilitas transaksi online ini.

  16. Enhanced Due Diligence
    Sesuai dengan PERATURAN OTORITAS JASA KEUANGAN NOMOR 22/ POJK.04 / 2014 TENTANG PRINSIP MENGENAL NASABAH OLEH PENYEDIA JASA KEUANGAN DI SEKTOR PASAR MODAL, selain proses pendaftaran normal, sebagai penyedia jasa keuangan yang tunduk kepada regulasi OJK, PT. Mandiri Manajemen Investasi diwajibkan untuk melakukan proses Enhance Due Diligence yang melibatkan temu muka atau wawancara face-to-face dengan nasabah baru dan lama yang masuk ke dalam kategori profile resiko medium sampai tinggi. Penentuan kategori resiko nasabah dijelaskan dan dapat di akses secara publik di link sebagai berikut:

    http://www.ojk.go.id/Files/201411/1POJKPRINSIPMENGENALNASABAHOLEHPENYEDIAJASAKEUANGANDISEKTORPASARMODAL_1416416307.pdf

Last Update May 2, 2017